PENDATAAN BEBAN MENGAJAR GURU UNTUK PENETAPAN TUNJANGAN PROFESI GURU (TPG) DAN TAMBAHAN PENGHASILAN (TAMSIL) SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2016 DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN

Widyaningsih, Fitriyana (2016) PENDATAAN BEBAN MENGAJAR GURU UNTUK PENETAPAN TUNJANGAN PROFESI GURU (TPG) DAN TAMBAHAN PENGHASILAN (TAMSIL) SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2016 DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Isi Laporan.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Matriks.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. LAP.MINGGUAN-WIDYA.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
6.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan mahasiswa yang betujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Dengan adanya kegiatan PPL, mahasiswa dapat mengasah kemampuan dan pengetahuan yang diperoleh di kampus dan sekaligus menerapkan ilmu yang sudah dipelajari untuk suatu lembaga atau instansi. Dengan bekal yang sudah didapatkan di perkuliahan mahasiswa diajarkan untuk merasakan bagaimana suasana kerja secara nyata di lembaga berdasarkan latar belakang keilmuannya, kegiatan PPL ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa menjadi pribadi yang handal dan professional. Pada kegiatan PPL ini mahasiswa membuat program berjudul “Pendataan Beban Mengajar Guru untuk Penetapan Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan Tambahan Penghasilan (Tamsil) Se-Kabupaten Sleman Tahun 2016”. Tujuan dari program ini adalah mendata sekaligus memutakhirkan data jumlah pendidik supaya memudahkan pencarian data umum pendidik dan membantu mengambil kebijakan dan membuat keputusan dalam penerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau Tambahan Penghasilan (Tamsil). Dalam pelaksanaan program, dibagi menjadi tiga tahapan yang meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap persiapan meliputi pemantapan program dan melakukan koordinasi dengan Kepala Bidang, Kepala Seksi, serta staff Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPTK) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman. Kemudia juga melakukan pembuatan format pendataan pada Ms. Excel. Pada tahap pelaksanaan meliputi pengumpulan data-data guru secara lengkap, menyortir data dibedakan jenjangnya, input data ke dalam format tabel Ms.Excel, mengolah data, melakukan pengecekan data yang diinput dengan data manualnya dan melakukan analisis data yang sudah diolah serta pengambilan keputusan. Tahap evaluasi meliputi Melakukan pengecekan kembali data yang sudah di-entry dengan data yang belum diolah, menyajikan hasil program dengan mencetak hasil yang sudah di olah, membuat laporan mengenai tingkat keberhasilan program, serta mengevaluasi hasil program dan tindak lanjut hasil program. Hasil dari program PPL ini adalah data mengenai beban mengajar guru yang disajikan dalam bentuk Microsoft Excel. Selain itu hasil program ini dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan untuk pemberian Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau Tambahan Penghasilan bagi guru di Kabupaten Sleman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Nurtanio Agus P, M.Pd (Dosen Pembimbing Lapangan)
Uncontrolled Keywords: PPL, beban mengajar, TPG. Tamsil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jan 2017 06:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46113

Actions (login required)

View Item View Item