PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KURIKULUM 2013 SD DI KABUPATEN KULONPROGO

Enny, Zubaidah and Setya Raharja, M.Pd. and Ali, Mustadi (2014) PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KURIKULUM 2013 SD DI KABUPATEN KULONPROGO. [Experiment/Research]

[img] Text
ABSTRAK MEDIA KP UTUH OK.docx

Download (14kB)
[img] Text
LAPORAN Media KP EMAIL KE MBK TRI ok.docx

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sciencetific Approach pada Kurikulum 2013” yang dilakukan di SDN Giripurwo2, Gugus 2 girimulyo Kulonprogo ini bertujuan agar para guru memiliki pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman dalam pembuatan media pembelajaran di kelas yang dibelajarkan. Hal yang lebih penting dari itu, agar para guru memiliki sebuah karya berupa media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai mana tuntutan pemerintah perlunya seorang guru memiliki profesionalisme yaitu sebagai seorang guru yang dapat membuat media pembelajaran. Karya yang berupa media pembelajaran ini dapat gunakan untuk kepentingan pembelajaran di kelas yang bermanfaat untuk guru dan siswa di kelas tersebut. Proses pelatihan ini para guru diminta untuk melakukan telaah Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan pada: (1) materi pelatihan tentang Kurikulum 2013, (2) materi tentang Media Pembelajaran, dan (3) pelatihan pembuatan Media Pembelajaran. Awal pertemuan hingga akhir pertemuan guru-guru berperan aktif dalam mengikuti pelatihan. Saat bekerja secara berkelompok, mereka tekun dalam memahami RPP dan menelaah tujuan pembelajaran dalam RPP. Mereka berdialog untuk menentukan media yang akan dibuatnya. Tanya jawab berlangsung dalam kelompok dari cara pemilihan bahan media, cara menentukan besar dan bentuk media, cara membuat media, cara memberi warna pada media, bahkan sampai saat mempresentasikan hasil pembuatan media, mereka kompak. Para guru ternyata belum sepenuhnya menguasai teknik pembuatan media tersebut secara baik, karena guru harus mampu memadukan sejumlah mata pelajaran yang disajikan dan dapat dijelaskan melalui media tersebut. Setelah dilakukan pendampingan oleh pengabdi dalam proses pembuatan media tersebut, akhirnya para guru dapat menghasilkan media yang layak digunakan dalam pembelajaran di kelasnya.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Akhir PPM Pusat Studi 2014
Uncontrolled Keywords: pelatihan, media pembelajaran, guru SD
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 17 Oct 2016 08:00
Last Modified: 17 Oct 2016 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42411

Actions (login required)

View Item View Item