Soni Nopembri, M.Pd. and Eka, Novita Indra and Saryono, Saryono (2014) PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGUATAN PSIKOSOSIAL MELALUI PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DI DAERAH RAWAN BENCANA. [Experiment/Research]
|
Text
Artikel PPM.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
Cover dll.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan PPM ini bertujuan untuk melakukan pelatihan dan pendampingan pada para guru Penjasorkes Sekolah Dasar di Daerah Rawan Bencana Erupsi Merapi (Kecamatan Cangkringan, Sleman) tentang program pendidikan jasmani olahraga yang dapat mengembangkan kemampuan psikososial bagi anak-anak korban bencana alam khususnya erupsi Gunung Merapi, sehingga anak-anak dapat memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi kejadian serupa dan melanjutkan kehidupannya. Khalayak sasaran kegiatan PPM ini adalah anak-anak kelas IV – VI Sekolah Dasar Se-Gugus 1 Kecamatan Cangkringan berjumlah 976 orang dan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sebanyak 22 orang. Kegiatan PPM ini dilakukan melalui pelatihan tahap I dan II dengan metode ceramah, diskusi, simulasi, dan demonstrasi serta kegiatan Pendampingan yang dilakukan dengan pengamatan dan diskusi (wawancara)di sekolah. Hasil kegiatan PPM ini, yaitu: (1) Kegiatan pelatihan tahap dan II dapat terlaksana dengan baik pada para guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kecamatan Cangkringan Sleman sebanyak 22 orang, (2) Kegiatan pendampingan dapat terlaksana dengan baik kepada para guru dalam mengimplementasikan program pendidikan jasmani dan olahraga untuk penguatan psikososial anak-anak di daerah rawan bencana di Sekolah, (3)tersusunya buku panduan tentang program pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga yang terintergrasi dengan keterampilan psikososial, (4) tersusunya silabus pembelajaran yang telah disesuaikan dengan keadaan sekolah dan kurikulum 2013, (5) tersusunya kumpulan aktivitas/perminan keterampilan psikososial dalam CD, dan (6)teridentifikasinya penguatan keterampilan psikososial melalui pengukuran dengan kuisioner yang memperlihatkan sebagai besar besar siswa memiliki kategori baik dan baik sekali pasca pelaksanaan kegiatan.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN PPM PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH 2014 |
Uncontrolled Keywords: | psikososial, anak-anak, rawan bencana, pendidikan jasmani, olahraga |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:15 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42396 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |