LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : MAN YOGYAKARTA II 10 Agustus 2015 – 12 September 2015

Pramita Damayanti, Pramita Damayanti (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : MAN YOGYAKARTA II 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
1. hal SAMPUL.docx

Download (28kB)
[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (27kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (111kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap Mahasiswa program kependidikan. Tujuan dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberikan pengalaman kepada Mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial dan teknik mengajar disekolah atau lembaga lain dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Program PPL ini berusaha memberdayakan masyarakat sekolah secara maksimal sesuai dengan kemampuan. Kegiatan PPL ini dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Tahap kegiatan dimulai dari observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program ke pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program serta pelaksanaan program yang telah disetujui. Disamping itu ada kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu praktik persekolahan/mengajar. Kegiatan ini berupa mengajar sesuai dengan bidang studi masing-masing Mahasiswa. Program PPL ini berusaha memberikan kontribusi pikiran, tenaga, waktu dan biaya kepada pihak sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tenaga dalam proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik, sehingga menjadi tenaga pendidik yang professional. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap lagi, yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi mengajar. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan di MAN Yogyakarta II ini dapat diperoleh hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan Ilmu Pengetahuan dan Praktik Keguruan,dalam hal ini bidang pendidikan fisika yang diperoleh selama menimba ilmu dibangku kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta. Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL, sehingga pengalaman lain selama PPL inilah yang sangat berharga bagi Mahasiswa PPL. Dalam pelaksaan PPL ini Mahasiswa banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang berguna di kemudian hari yang belum tentu didapat di bangku kuliah. Penyusun mengharap hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan PPL-UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, MAN Yogyakarta II, fisika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 May 2016 06:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32974

Actions (login required)

View Item View Item