PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE PROCESS AND ENVIRONMENT TERHADAP KETERCAPAIAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN ILMIAH SISWA SMP

Lukmanasari, Denok (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE PROCESS AND ENVIRONMENT TERHADAP KETERCAPAIAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN ILMIAH SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh pendekatan science process and environment terhadap ketercapaian hasil belajar pengetahuan, (2) pengaruh pendekatan science process and environment terhadap ketercapaian hasil belajar sikap, (3) pengaruh pendekatan science process and environment terhadap ketercapaian hasil belajar keterampilan ilmiah, (4) pengaruh pendekatan science process and environment terhadap ketercapaian hasil belajar pengetahuan, sikap dan keterampilan ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 192 siswa kelas VII SMP N 1 Tempel. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 57 siswa yang terdiri dari kelas VIIE dan VIIF. Kelas VIIE sebagai kelas kontrol dan kelas VIIF sebagai kelas ekspermen. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest-posttest, lembar observasi sikap ilmiah dan lembar observasi keterampilan ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial menggunakan Uji Manova. Soal pretest-posttest dianalisis peningkatannya menggunakan N-Gain. Hasil penelitian ini adalah (1) pembelajaran IPA berbasis science process and environment berpengaruh sebesar 26% pada terhadap ketercapaian pengetahuan siswa, (2) pembelajaran IPA berbasis science process and environment berpengaruh sebesar 60% terhadap ketercapaian sikap siswa, (3) pembelajaran IPA berbasis science process and environment berpengaruh sebesar 30% terhadap ketercapaian keterampilan ilmiah siswa, (4) pembelajaran IPA berbasis science process and environment berpengaruh terhadap ketercapaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan ilmiah siswa. Kata kunci: science process and environment, hasil belajar pengetahuan, sikap ilmiah, keterampilan ilmiah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 11 Mar 2016 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30241

Actions (login required)

View Item View Item