PERBANDINGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF ANTARA KELAS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KELAS DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SMP N 8 YOGYAKARTA

Priyanka,, Luh Mitha (2016) PERBANDINGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF ANTARA KELAS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KELAS DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SMP N 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, FMIPA.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (162kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (37kB)
[img] Text
REFERENCE FIX.docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dan kelas yang menggunkan model Project Based Learningdi SMP N 8 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalahquasy experimentyang dirancang dengan desain pretest-posttest control group design dimana terdapat kelompok ekperimen 1 dan kelompok ekperimen 2. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII B dan kelas VIII D. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan cluster random sampling Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data pretest dan posttest masing-masing materi dan data keterampilan pemecahan masalah. Data pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan uji anacova dengan bantuan SPSS 23 sedangkan data keterampilan pemecahan masalah dianalisis secara deskriptif dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil belajar kognitif dan pemecahan masalah menunjukkan terdapat perbedaan antara kelas dengan model pembelajaran PBL dan kelas dengan model PjBL dengan uji anacova sebesar 0,000<0,05. Hasil ini juga didukung dengan lembar observasi yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah antara kelas yang menggunakan model PBL dan kelas yang menggunakan model PjBL. Kelas dengan model PBL memiliki keterampilan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan dengan model PjBL. Kata kunci: PBL, PjBL, Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 11 Mar 2016 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30108

Actions (login required)

View Item View Item