UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR ANSAMBEL MUSIK SEKOLAH MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FBS UNY

Kun S.Astuti, Dr., M.Pd. (2007) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR ANSAMBEL MUSIK SEKOLAH MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FBS UNY. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Kun_S.Astuti.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, mengembangkan penerapan Pembelajaran Berbasis Portofolio pada matakuliah Ansambel Lanjut Musik Sekolah. Kedua mengetahui dampak penerapan Pembelajaran Berbasis Portofolio pada prestasi hasil belajar ansambel musik sekolah. Adapun aspek-aspek yang dikaji meliputi ranah afektif, psikomotor, dan afektif. Metode yang digunakan adalah Class Room Action Research dengan dua siklus. Setiap siklus terdapat tahap pe¬rencana¬an, pelaksanaan, obsevasi/evaluasi, dan refleksi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi dua hal, yaitu mengembangkan pembelajaran berbasis portofolio pada matakuliah Ansambel Lanjut Musik Sekolah, dan membuktikan pengaruh model pembelajaran berbasis portofolio pada prestasi belajar ansambel musik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pen¬dekatan kuantitatif. Teknik analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dengan pembelajaran berbasis portofolio secara incremental meningkatkan prestasi belajar dalam ranah kognitif, psikomotor, dan afektif. Kedua, Pembelajaran berbasis portofolio meningkatkan prestasi hasil belajar ansambel musik. FBS, 2007 (PEND. SENI MUSIK)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
LPPM
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Date Deposited: 20 Jun 2012 06:20
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item