Suryani, Elis (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL ADVANCE ORGANIZER (AO) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI OK.pdf Download (715kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya perbedaan aktivitas belajar dalam pembelajaran IPS menggunakan model Advance Organizer (AO) dibandingkan menggunakan model ceramah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Godean, 2) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar dalam pembelajaran IPS menggunakan model Advance Organizer (AO) dibandingkan menggunakan model ceramah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Godean, 3) Keefektifan model Advance Organizer (AO) untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Godean, 4) Keefektifan model Advance Organizer (AO) untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Godean. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model Advance Organizer (AO), kelas VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan model ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Validitas ditentukan atas pertimbangan dosen pembimbing dan narasumber. Pengujian Reliabilitas menggunakan Split Half Method. Analisis data menggunakan analisis statistik independent sample t-test terhadap gain score dengan bantuan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS menggunakan model Advance Organizer (AO) dibandingkan menggunakan Ceramah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Godean. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t pada aktivitas belajar, nilai =4,041 lebih besar daripada =2,007 pada taraf sig. 5%, dan hasil uji-t pada hasil belajar, nilai > yaitu =4,266 lebih besar daripada = 1,998 pada taraf sig. 5%. Selanjutnya besar ukuran efek model Advance Organizer (AO) dalam peningkatan aktivitas belajar sebesar 1,59 (d>0,8)/efek besar. Besar ukuran efek model Advance Organizer (AO) dalam peningkatan hasil belajar sebesar 2,42 (d>0,8)/efek besar.Hal ini berarti, model Advance Organizer (AO) efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Godean. Kata kunci: Model Advance Organizer (AO), Model Ceramah, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 06:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23893 |
Actions (login required)
View Item |