EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL ADVANCE ORGANIZER (AO) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GODEAN

Suryani, Elis (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL ADVANCE ORGANIZER (AO) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI OK.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya perbedaan aktivitas belajar dalam pembelajaran IPS menggunakan model Advance Organizer (AO) dibandingkan menggunakan model ceramah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Godean, 2) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar dalam pembelajaran IPS menggunakan model Advance Organizer (AO) dibandingkan menggunakan model ceramah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Godean, 3) Keefektifan model Advance Organizer (AO) untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Godean, 4) Keefektifan model Advance Organizer (AO) untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Godean. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model Advance Organizer (AO), kelas VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan model ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Validitas ditentukan atas pertimbangan dosen pembimbing dan narasumber. Pengujian Reliabilitas menggunakan Split Half Method. Analisis data menggunakan analisis statistik independent sample t-test terhadap gain score dengan bantuan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS menggunakan model Advance Organizer (AO) dibandingkan menggunakan Ceramah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Godean. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t pada aktivitas belajar, nilai =4,041 lebih besar daripada =2,007 pada taraf sig. 5%, dan hasil uji-t pada hasil belajar, nilai > yaitu =4,266 lebih besar daripada = 1,998 pada taraf sig. 5%. Selanjutnya besar ukuran efek model Advance Organizer (AO) dalam peningkatan aktivitas belajar sebesar 1,59 (d>0,8)/efek besar. Besar ukuran efek model Advance Organizer (AO) dalam peningkatan hasil belajar sebesar 2,42 (d>0,8)/efek besar.Hal ini berarti, model Advance Organizer (AO) efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Godean. Kata kunci: Model Advance Organizer (AO), Model Ceramah, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:15
Last Modified: 30 Jan 2019 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23893

Actions (login required)

View Item View Item