Java Tresna, Trigita Ardikawati (2013) PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA FIS UNY PADA KLINIK KECANTIKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR BAGAN.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
hasil wawancara.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran foto1.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
ringkasan skripsi.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa FIS UNY pada klinik kecantikan. Keinginan untuk tampil cantik dengan memiliki kulit wajah yang cerah, bersih, tidak berminyak, tidak kusam, tidak berjerawat, serta cenderung cantik telah mendorong banyaknya mahasiswa yang melakukan perawatan wajah dan mengkonsumsi produk-produk kecantikan dari klinik kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif di mahasiswa FIS UNY pada klinik kecantikan, mengetahui faktor pendorong perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa FIS UNY pada klinik kecantikan, serta untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari perilaku konsumtif mahasiswa FIS UNY pada klinik kecantikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan mahasiswa FIS UNY yang menjadi pelanggan klinik kecantikan. Informan penelitian ini adalah sebanyak 11 orang mahasiswi FIS UNY. Sumber data sekunder diperoleh foto-foto, internet, dan data statistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif Milles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adanya kriteria kecantikan serta keinginan untuk tampil merupakan alasan kuat para mahasiswa untuk melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan. Seiring berjalanannya waktu keinginan untuk tampil cantik dipahami sebagai pemenuhan kebutuhan sehingga perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa pada klinik kecantikan pun tanpa terasa telah ada di pola pikir mahasiswa yang melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan. Faktor pendorong perilaku konsumtif mahasiswa dibedakan menjadi dua yaitu : faktor pendorong internal dan faktor pendorong eksternal. Faktor pendorong internal antara lain pengalaman belajar, gaya hidup dan motivasi. Faktor pendorong eksternal antara lain kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi, keluarga dan situasi. Dampak perilaku konsumtif dibedakan menjadi dua yaitu : dampak positif dan dampak negatif. Dampak postif antara lain menambah rasa percaya diri, terlihat lebih cantik, menjaga kualitas kulit wajah pada masa tua, menunjang untuk mencari pekerjaan, serta mengobati penyakit dan merawat kesehatan wajah. Dampak negatifnya yaitu ketergantungan, tambah boros, lebih mudah terbujuk rayuan iklan dan tidak pernah merasa puas dengan hasil yang dicapai. Kata kunci: Mahasiswa, Perilaku Konsumtif, Klinik Kecantikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sosiologi FIS |
Date Deposited: | 03 Jul 2015 06:35 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22542 |
Actions (login required)
View Item |