PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WEBSITE UNTUK SISWA SMP KELAS VIII POKOK BAHASAN PENGENDALIAN SOSIAL

Agus, Swasono (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WEBSITE UNTUK SISWA SMP KELAS VIII POKOK BAHASAN PENGENDALIAN SOSIAL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V & daftar pustaka.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran IPS berbasis Website untuk IPS siswa kelas VIII pokok bahasan pengendalian sosial; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran IPS SMP, dan uji coba siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) yang berorientasi pada produk. Prosedur pengembangan dilakukan dari tahap penelitian dan pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, tahap validasi dan ujicoba. Validasi media dilakukan secara bertahap yaitu tahap I oleh ahli materi dan ahli media, sehingga menghasilkan revisi pengembangan tahap pertama. Tahap II oleh tiga guru mata pelajaran IPS SMP, sehingga menghasilkan revisi tahap kedua, dan tahap III uji coba terhadap 33 siswa kelas VIII A SMP N 3 Pakem dan 30 siswa kelas VIII B SMP N 2 Depok yang menghasilkan produk akhir berupa website dengan materi pengendalian sosial. Alat pengambilan data berupa angket penilaian yang berbeda untuk masing-masing subjek penelitian. Hasil penelitian ini 1) penelitian menghasilkan media pembelajaran berbasis website untuk siswa SMP kelas VIII pokok bahasan pada alamat www.maribelajarips.web.id; 2) penelitian pengembangan media pembelajaran IPS berbasis website pokok bahasan pengendalian sosial layak digunakan dalam pembelajaran. Terbukti ahli materi menilai baik dengan rerata skor 3,8; ahli media menilai baik dengan rerata skor 4,2; guru mata pelajaran IPS menilai sangat baik dengan rerata skor 4,5; rerata data uji coba lapangan menilai baik dengan skor 4,2 dengan rincian yaitu rerata siswa kelas VIII A SMP N 3 Pakem menilai baik dengan rerata skor 4,1 dan siswa kelas VIII B SMP N 2 Depok menilai sangat baik dengan rerata skor 4,2. Kata kunci: media pembelajaran IPS, website, pengendalian sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:16
Last Modified: 29 Jun 2015 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21869

Actions (login required)

View Item View Item