UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA MELALUI PENERAPAN PERMAINAN “SEPAK BOLA VERBAL” PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2012/2013

DWI, SARASWANTA (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA MELALUI PENERAPAN PERMAINAN “SEPAK BOLA VERBAL” PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN, ABSTRAK DLL.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui (1) bagaimana cara meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Sentolo Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013, dengan penerapan permainan Sepak Bola Verbal, (2) kelebihan dari penerapan permainan Sepak Bola Verbal untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Sentolo Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013, (3) kendala dari penerapan permainan Sepak Bola Verbal untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Sentolo Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan test hasil belajar. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan triangulasi, terdiri dari triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Pembelajaran sejarah dengan permainan Sepak Bola Verbal dikolaborasi porsi latihan tanya jawab antar siswa yang lebih dan pemberian hadiah kepada pemenang permainan Sepak Bola Verbal dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar dan daya serap siswa. Pada siklus I dengan penerapan Sepak Bola Verbal murni pre tindakan yaitu 58,75 dan post tindakan yaitu 69,53 poin; dan daya serap pre tindakan yaitu 9,37% dan post tindakan yaitu 62,50%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II menggunakan permainan Sepak Bola Verbal dikolaborasi porsi latihan tanya jawab antar siswa yang lebih pre tindakan yaitu 63,59 dan post tindakan 85,31 poin; dan daya serap pre tindakan yaitu 28,12% dan post tindakan yaitu 100%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus III dengan menggunakan permainan Sepak Bola Verbal dikolaborasi porsi latihan tanya jawab antar siswa yang lebih dan pemberian hadiah kepada pemenang permainan Sepak Bola Verbal pre tindakan yaitu 66,25 dan post tindakan yaitu 90,15 poin; dan daya serap pre tindakan yaitu 40,62% dan post tindakan yaitu 100%. Kendala yang dihadapi yaitu siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Sentolo cenderung takut bertanya, meminta petunjuk dan bimbingan dari guru tentang bagian materi yang belum dimengerti. Kelebihannya adalah teknik pembelajaran menjadi menyenangkan, siswa semangat, hasil belajar meningkat. Kata kunci: Sepak Bola Verbal, hasil belajar, pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 24 Jun 2015 08:09
Last Modified: 29 Jan 2019 23:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21198

Actions (login required)

View Item View Item