DAMPAK KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG PASAR NGASEM KE PASAR SATWA DAN TANAMAN HIAS YOGYAKARTA (PASTY) BAGI PEDAGANG PASAR

AYU P., APRILIA MAHARANI (2013) DAMPAK KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG PASAR NGASEM KE PASAR SATWA DAN TANAMAN HIAS YOGYAKARTA (PASTY) BAGI PEDAGANG PASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
4141180004 cover & daftar isi.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141180004 abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141180004 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141180004 BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141180004 BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141180004 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141180004 BAB V KESIMPILAN.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141180004 lampiran lengkap.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kebijakan relokasi pedagang Pasar Ngasem ke Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) bagi para pedagang pasar, yaitu pada dampak ekonomi, sosial dan psikologi. Desain dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah dari Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta, UPT PASTY, Bappeda Kota Yogyakarta dan pedagang PASTY. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang didapat dari hasil wawancara dengan informan penelitian dan data sekunder yang berupa laporan dan dokumendokumen resmi. Instrumen penelitian ini adalah diri peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Guna menjamin validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif, yaitu analisis dengan menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, display data, dan verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan relokasi pedagang Pasar Ngasem ke PASTY pada dampak ekonomi yang terjadi adalah masalah pendapatan belum stabil selama berjualan di PASTY, bahkan cenderung mengalami penurunan. Pada dampak sosial terjadi konflik antara pedagang satwa PASTY dengan pedagang musiman yang ikut berdagang di PASTY. Sedangkan pada dampak psikologi terdapat adanya goncangan psikologis pedagang sehingga pedagang melakukan protes terhadap pemerintah akibat beberapa peraturan di PASTY yang berbeda dengan di Pasar Ngasem. Usaha untuk mengatasai dampak tersebut yaitu dengan adanya promosi terhadap PASTY agar keberadaan pasar ini lebih terkenal dan diketahui masyarakat, pedagang harus lebih menghormati peraturan yang ada di PASTY, serta peran Pemerintah Kota Yogyakarta untuk membantu mengembangkan PASTY agar pedagang merasa nyaman berdagang di PASTY. Kata kunci : Dampak, Kebijakan, Relokasi Pasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 06 May 2015 00:11
Last Modified: 06 May 2015 00:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18192

Actions (login required)

View Item View Item