HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CAWAS

HARDIANTI, RIZKYTASARI DINI (2013) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CAWAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan 09.12.033 Riz h.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak 09.12.033 Riz h.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 09.12.033 Riz h.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 09.12.033 Riz h.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 09.12.033 Riz h.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 09.12.033 Riz h.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 09.12.033 Riz h.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 09.12.033 Riz h.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar dengan menggunakan metode group investigation terhadap hasil belajar Kognitif IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design dengan desain penelitian one-shot pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cawas berjumlah 249 siswa dengan sampel 1 kelas yaitu kelas VIII G yang berjumlah 32 siswa diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) Uji Validitas menggunakan product moment dan Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. (2) Prasyarat analisis melalui perhitungan uji normalitas dan linieritas untuk mengetahui distribusi data normal dan linier. (3) Korelasi product moment untuk menguji hipotesis. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa ketika menggunakan metode group investigation terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh r hitung sebesar 0,890 > r tabel sebesar 0,349 dan p. Sig = 0,000 < 0,05. Dalam tabel koefisien korelasi di jelaskan bahwa hasil korelasi sebesar 0,890 termasuk dalam kategori signifikan sangat kuat. Dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh antara penggunaan metode group investigation terhadap hasil belajar IPS siswa dan terdapat hubungan yang positif dan signifikansi antara aktivitas belajar siswa ketika menggunakan metode group investigation terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar Kognitif, Aktivitas Belajar, Metode Group Investigation

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 05 May 2015 07:04
Last Modified: 05 May 2015 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18187

Actions (login required)

View Item View Item