MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BAGI SISWA KELAS V DI SD NEGERI KALINEGORO 6 MERTOYUDAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2011/2012

Nastiti Sri , Mulatsih (2012) MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BAGI SISWA KELAS V DI SD NEGERI KALINEGORO 6 MERTOYUDAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Bab 1 -08108244041.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08108244041.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 -08108244041.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -08108244041.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka -08108244041.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran -08108244041.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan media video pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas V SD Negeri Kalinegoro 6 Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kalinegoro 6 yang berjumlah 23 anak, yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui pengamatan, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Sebelum digunakan dalam penelitian, tes divalidasi secara empirik dan expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang berkaitan dengan observasi dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif sedangkan data dari hasil tes dianalisis secara kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pra tindakan ada 10 siswa atau 43% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Setelah dilakukan tindakan dengan media video di siklus I, hasil tes pada siklus I ada 21 siswa atau 91% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memvariasi media video di siklus II dengan memberi jeda (pause) dan guru memberi penjelasan saat video dijeda (pause) pada siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, ditandai ada 22 siswa atau 95,65% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 68,69 sedangkan pada siklus II yaitu 77,40. Kata Kunci: hasil belajar, media video, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media video, IPS
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 02:05
Last Modified: 29 Jan 2019 18:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9884

Actions (login required)

View Item View Item