Noviana , Sari (2012) UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PINGIT KECAMATAN PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
BAB 2-08108241097.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-08108241097.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB1-08108241097.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
COVER-08108241097.pdf Download (747kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-08108241097.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA masih rendah belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas V SDN 3 Pingit Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dalam bentuk spiral. Lokasi (setting) pada penelitian ini adalah kelas V SDN 3 Pingit, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Objek penelitian ini berupa hasil belajar IPA. Alat pengumpulan data berupa tes hasil belajar IPA, lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang proses pelaksanaan Quantum Teaching. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Indikator keberhasilan 80% siswa mencapai KKM ≥ 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching pada proses pembelajaran IPA dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Pingit, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar IPA yang cukup signifikan. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 38,46%, yakni dari 34,61% menjadi 73,07% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 42,31%, yakni dari 46,15% menjadi 88,46%. Peningkatan hasil belajar siswa dari pratindakan sampai siklus II bila diakumulasikan menjadi 80,77%. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran Quantum Teaching, ilmu pengetahuan Alam.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model pembelajaran Quantum Teaching, ilmu pengetahuan Alam. |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 00:40 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9763 |
Actions (login required)
View Item |