PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING PADA MATA DIKLAT MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Setya , Norma Sulistyani (2012) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING PADA MATA DIKLAT MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover-07513241008.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -07513241008.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -07513241008.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -07513241008.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -07513241008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan metode guide note taking dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata diklat memilih bahan baku busana di SMK N 4 Yogyakarta, 2) besarnya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan metode guide note taking pada mata diklat memilih bahan baku busana di SMK N 4 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dengan tahapan perencanaan-tindakan- pengamatan-refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dengan subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah 36 siswa pada kelas X Busana Butik 1 tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert), seperti ahli metode pembelajaran, ahli materi, ahli lembar observasi, ahli lembar angket dan guru mata diklat memilih bahan baku busana. Hasil validasi menunjukkan bahwa metode, materi, lembar observasi dan lembar angket yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment dengan nilai 0,611. Sedangkan reliabilitas angket menggunakan rumus alpha cronbach dengan nilai 0,858. Teknik analisis data yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif dengan persentase.Hasil penelitian meliputi 1) penerapan metode guide note takingdilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi (a) membuka pelajaran, dengan mengucap salam dan doa, mengecek presensi, menjelaskan tujuan pembelajaran, apersepsi dan penjelasan metode guided note taking, (b) membentuk kelompok, siswa dibagi menjadi 6 kelompok terdiri atas 6 siswa, (c) diskusi dan kerjasama dalam mengisi handout, (d) presentasi oleh masing- masing kelompok, (e) usaha mengaktifkan siswa, guru mengaktifkan siswa dengan terus mengingatkan agar bertanya, mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan dari guru (f) evaluasi, guru mengevaluasi hasil presentasi, (g) kesimpulan, guru menyimpulkan hasil presentasi 2) keaktifan belajar siswa pada pra siklus sebesar 27,68% atau sejumlah 10 siswa yang melakukan. Setelah dikenai tindakan pada siklus pertama keaktifan belajar siswa meningkat 25,58% menjadi 53,26% atau sejumlah 19 siswa yang melakukan. Pada siklus ke dua keaktifan belajar siswa meningkat 22,52% menjadi 75,78% atau sejumlah 27 siswa yang melakukan. Hasil penelitian pada siklus ke dua tidak mencapai 100% karena sejumlah 24,23% atau 9 siswa masih merasa takut melakukan keaktifan belajar seperti bertanya, mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan dari guru. Selain itu faktor keterbatasan waktu juga membatasi jumlah siswa yang bertanya, mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan dari guru. Uraian di atas menunjukkan bahwa penerapan metode guided note taking dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata diklat memilih bahan baku busana. Kata Kunci : keaktifan belajar siswa, memilih bahan baku busana, guided note taking

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar siswa, memilih bahan baku busana, guided note taking
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 07:19
Last Modified: 29 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8451

Actions (login required)

View Item View Item