PENGARUH SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI, KEMAMPUAN MENGAJAR GURU, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM IPS SMA N 1 TEMON TAHUN AJARAN 2011/2012

Prayogo Aji , Sasmito (2012) PENGARUH SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI, KEMAMPUAN MENGAJAR GURU, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM IPS SMA N 1 TEMON TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-0840324405.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-0840324405.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-0840324405.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-0840324405.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-0840324405.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program IPS SMA N 1 Temon T.A 2011/2012, (2) Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program IPS SMA N 1 Temon T.A 2011/2012, (3) Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program IPS SMA N 1 Temon T.A 2011/2012, dan (4) Pengaruh Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi, Kemampuan Mengajar Guru dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program IPS SMA N1 Temon T.A 2011/2012. Populasi penelitian ini yakni siswa Program IPS SMA N 1 Temon T.A 2011/2012 berjumlah 55 siswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan pada 36 siswa SMA N 1 Lendah, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda untuk hipotesis. Sebelum analisis data sebelumnya diadakan uji persyarat analisis yakni uji linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian ini: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program IPS SMA N 1 Temon T.A 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu: 6,410>1,671 dengan r2 sebesar 0,437 artinya sebesar 43,7% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program IPS SMA N 1 Temon T.A 2011/2012 ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu: 5,028>1,671 dengan r2 sebesar 0,323 artinya sebesar 32,3% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program IPS SMA N 1 Temon T.A 2011/2012 ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel yaitu: 6,076>1,671 dengan r2 0,411 artinya sebesar 41,1% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi; (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi, Kemampuan Mengajar Guru, dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Program IPS SMA N 1 Temon T.A 2011/2012 ditunjukkan dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu: 25,435>2,790 pada taraf signifikansi 5% dan R2 sebesar 0,599 artinya sebesar 59,9% ketiga variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi. Persamaan garis regresi Y = 0,380X1 + 0,499X2 + 0,330X3 - 1,573. Kata Kunci: Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi, Kemampuan Mengajar Guru, Minat Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi, Kemampuan Mengajar Guru, Minat Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi.
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Nov 2012 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7997

Actions (login required)

View Item View Item