Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP di Kota Pekanbaru.

Ningrum, Tri Mulya and Putro, Nur Hidayanto Pancoro Setyo (2023) Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP di Kota Pekanbaru. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-tri mulya ningrum-20701251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) tindak lanjut penilaian hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris SMP di Kota Pekanbaru berdasarkan Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 23 Tahun 2016 tentang standar penilaian pendidikan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan model evaluasi kesenjangan (Discrepancy Evaluation Model). Subjek penelitian adalah enam guru Bahasa Inggris dan 250 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling technique. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket serta melalui observasi dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk, yaitu Exploratory Factor Analysis (EFA). Reliabilitas instrumen diestimasi menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha dan Interclass Correlation Coefficient (ICC). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) perencanaan penilaian hasil belajar berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan ada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 86% dan kesenjangan 14%. 2) pelaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan ada pada kategori tinggi dengan persentase 77% dan kesenjangan 23%. 3) tindak lanjut penilaian hasil belajar berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan ada pada kategori tinggi dengan persentase 75% dan kesenjangan 25%. Secara umum pelaksanaan penilaian hasil belajar oleh guru Bahasa Inggris SMP di Kota Pekanbaru ada pada kategori baik dengan total persentase 79%, sedangkan 14% kesenjangan yang muncul menunjukkan hambatan dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahasa inggris, evaluasi, penilaian hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:22
Last Modified: 28 Nov 2023 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79664

Actions (login required)

View Item View Item