Widayanti, Esti Yuli and Sujarwo, Sujarwo (2023) Model Pembelajaran Ecoliteracy pada Sekolah Adiwiyata Mandiri (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri II Madiun). S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
disertasi-esti yuli widayanti-16703261035.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi pelaksanaan model pembelajaran ecoliteracy yang ada di MIN 2 Madiun, dengan tujuan: 1) menmukan pelaksanaan model pembelajaran ecoliteracy yang terintegrasi pada mata pelajaran utama; 2) menemukan unsur dari model pembelajaran ecoliteracy yang diimplementasikan; 3) menemukan keunggulan dan kelemahan dari pelaksanaan model pembelajaran ecoliteracy yang diimplementasikan; 4) menemukan model pembelajaran ecoliteracy yang dapat diterapkan MIN 2 Madiun sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri beserta unsurnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus eksploratoris yang berupaya mengungkap model pembelajaran ecoliteracy yang diterapkan di MIN 2 Madiun. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa MIN 2 Madiun. Data penelitian meliputi data pelaksanaan model pembelajaran ecoliteracy di MIN 2 Madiun yang terintegrasikan dengan mata pelajaran lain, unsur-unsur model pembelajaran ecoliteracy yang diterapkan di MIN 2 Madiun, serta kelebihan dan kekurangannya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar studi dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah: mengolah, membaca, membuat kode, menerapkan kode, menyajikan deskripsi tema, dan melakukan interpretasi. Temuan dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan model pembelajaran ecoliteracy di MIN 2 Madiun yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan mata pelajaran utama lain menggunakan pendekatan interdisipliner, saintifik, kontekstual, dan partisipatif dengan model pembelajaran kooperatif, pembelajaran langsung, penemuan, berbasis masalah (PBL), dan berbasis proyek (PjBL); 2) unsur-unsur model pembelajaran ecoliteracy yang diterapkan meliputi langkah- langkah (sintaks), prinsip reaksi, sistem sosial, sistem pendukung, serta dampak instruksional dan pengiring dari model sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan; 3) Keunggulan/kelebihan utama dari model pembelajaran adalah pelibatkan semua unsur lingkungan, baik lingkungan sekolah, rumah, alam, baik berupa tempat secara fisik maupun manusia yang ada di dalamnya. Kelemahan pembelajaran dominan adalah kesulitan guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran kontekstual karena memerlukan waktu dan pemikiran mendalam, fasilitas pendukung pembelajaran yang kurang memadai untuk pelaksanaan pembelajaran kontekstual, serta kesulitan guru dalam merancang materi ecoltieracy yang terintegrasi pada mata pelajaran lain; 4) Model Pembelajaran Ecoliteracy Adiwiyata Berbasis Tempat (MPEABT) adalah model pembelajaran ecoliteracy yang mempertimbangkan prinsip dan materi dalam program adiwiyata serta menggunakan pendekatan berbasis tempat dengan memanfaatkan lingkungan kelas, sekolah, wilayah, rumah tinggal, baik tempat secara fisik maupun sosial/manusia.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan dasar, Model pembelajaran ecoliteracy, sekolah adiwiyata |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 02:18 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 02:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78332 |
Actions (login required)
View Item |