PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KOMIK DIGITAL DALAM PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK

Setiawan, Veri and Sudrajat, Ajat (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KOMIK DIGITAL DALAM PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK. S2 thesis, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui media pembelajaran sejarah yang digunakan selama ini di SMK Penerbangan AAG Adisutjipto, 2) Menghasilkan produk berupa komik digital berjudul ‘Sang Penerbang’ dengan materi sejarah perjuangan ‘Bapak Penerbang Indonesia’ yakni Agustinus Adisutjipto, 3) Mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis komik digital untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. Desain pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis komik digital ini disusun berdasarkan prosedur ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahapan yang meliputi analisis dalam studi pendahuluan, pembuatan desain media pembelajaran pengembangan media pembelajaran, penerapan media pembelajaran, dan yang terakhir adalah tahapan evaluasi. Dalam pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis komik digital ini juga dilaksanakan uji keefektifan media pembelajaran sejarah berkaitan dengan peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik SMK. Kelayakan media diukur menggunakan skala Likert mulai dari 1 sampai dengan 5, sedangkan uji keefektifan media menggunakan uji Uji T Independent Sample T Test pada program SPSS versi 2.0 Penelitian menunjukkan hasil: 1) Pembelajaran sejarah yang dilakukan masih kurang penggunaan media pembelajaran interaktif, guru lebih sering menggunakan owerpoint dan buku teks yang membuat siswa kurang antusias, 2) Pembuatan media pembelajaran berbasis komik melalui tahapan penyusunan media pembelajaran, pengumpulan bahan pustaka, penyusunan materi sesuai KI dan KD, pembuatan storyboard, serta pengujian produk secara internal, 3) Minat siswa kelas X terhadap pelajaran sejarah setelah menggunakan media komik digital mendapatkan respon positif dengan prosentase sebesar 84,7%. Hasil angket minat belajar menjelaskan bahwa siswa lebih berminat mengikuti pembelajaran sejarah dengan menggunakan media pembelajaran komik digital. Peningkatan hasil berdasarkan hasil uji t pada t-test for Equality Means pada baris bagian atas (equal variance assumed) menunjukkan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,971 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: media pembelajaran, sejarah, komik digital, minat belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Veri Setiawan 19718251032
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:38
Last Modified: 21 Sep 2023 01:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77681

Actions (login required)

View Item View Item