Evaluasi Program Pelaksanaan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SD Negeri Kalikutuk Berbasis Inklusi.

Wulandari, Maria oksi and Harun, Harun (2023) Evaluasi Program Pelaksanaan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SD Negeri Kalikutuk Berbasis Inklusi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-maria oksi wulandari-20701251021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi (1) persiapan, (2) proses, dan (3) hasil program pelaksanaan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus (BK)di SD Negeri Kalikutuk. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan pendekatan kualitatif. Model penelitian yang digunakan adalah model Countenance Stake dengantahap persiapan dengan aspek lesson plan, proses dengan aspek learning process dan assessing process, dan hasil pembelajaran dengan aspek student’s score. Subjek penelitian ini adalah lima guru, dan satu guru pembimbing khusus (GPK) SD Negeri Kalikutuk. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat langkah analisis dengan model interaktif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Persiapan yang dilakukan guru kelas VIA masuk dalam kategori baik. Sedangkan tahap persiapan yang dilakukan guru kelas IVA, IVB, VA, dan VB masuk dalam kategori kurang baik. Rekomendasi pada tahap persiapan adalah sebaiknya RPP yang dibuat guru bisa dari RPP sebelumnya yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan kondisi kurikulum yang berlaku dan sesuaikan dengan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus. (2) Proses yang dilakukan guru kelas VIA masuk dalam kategori baik. Sedangkan tahap proses yang dilakukan guru kelas IVA, IVB, VA, dan VB masuk dalam kategori kurang baik. Rekomendasi pada tahap proses adalah sebaiknya, proses pada program pembelajaran guru harus mengajar secara runtut mulai dari pendahuluan, inti dan penutup. Soal latihan yang diberikan berbeda antara peserta didik berkebutuhan khusus dengan reguler. (3) hasil masuk dalam kategori baik. Hal ini karena guru megunakan penilaian berupa tertulis, sikap, kinerja/produk, portopolio, projek, dan unjuk kerja (performance) dengan baik. Guru juga melakukan pelaporan hasil belajar di sekolah inklusif berupa angka- angka disertai narasi penguasaan materi. Rekomendasi pada tahap hasil pembelajaran adalah guru dapat membuat soal sendiri untuk Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS) dan Ujian Nasional (UN) sesuai dengan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pembelajaran, peserta didik berkebutuhan khusus
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 May 2023 08:07
Last Modified: 02 May 2023 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77636

Actions (login required)

View Item View Item