Amanda, Delita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KPK DAN FPB KELAS IV SD NEGERI 1 PENGADEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_delita amanda_19108244035.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman konsep KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) kelas IV SD Negeri 1 Pengadegan, dan (2) mengetahui bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran TGT. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pengadegan sebanyak 20 siswa kelas IVA dan 20 siswa kelas IVB. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes uraian dan lembar observasi. Dengan 10 soal pre-test dan 10 soal post-test yang sudah valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran TGT memberikan pengaruh yang positif (B=0,510) terhadap pemahaman konsep KPK dan FPB Kelas IV SD Negeri 1 Pengadegan, dalam pelaksanaan TGT dengan LKPD yang menarik dapat menambah semangat siswa dalam belajar, dan (2) ratarata aktivitas siswa sebesar 75% termasuk kategori baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Model Pembelajaran TGT, Pemahaman Konsep KPK dan FPB |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 06:59 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 06:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76914 |
Actions (login required)
View Item |