PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KPK DAN FPB KELAS IV SD NEGERI 1 PENGADEGAN

Amanda, Delita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KPK DAN FPB KELAS IV SD NEGERI 1 PENGADEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_delita amanda_19108244035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman konsep KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) kelas IV SD Negeri 1 Pengadegan, dan (2) mengetahui bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran TGT. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pengadegan sebanyak 20 siswa kelas IVA dan 20 siswa kelas IVB. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes uraian dan lembar observasi. Dengan 10 soal pre-test dan 10 soal post-test yang sudah valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran TGT memberikan pengaruh yang positif (B=0,510) terhadap pemahaman konsep KPK dan FPB Kelas IV SD Negeri 1 Pengadegan, dalam pelaksanaan TGT dengan LKPD yang menarik dapat menambah semangat siswa dalam belajar, dan (2) ratarata aktivitas siswa sebesar 75% termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran TGT, Pemahaman Konsep KPK dan FPB
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:59
Last Modified: 09 Mar 2023 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76914

Actions (login required)

View Item View Item