Manggala, Yendha May Good Cha and Rahmawati, Fitri (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SMA KELAS XI. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Cover.pdf Download (933kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan video pembelajaran pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan bagi siswa SMA kelas XI, 2) mengetahui kelayakan video pembelajaran pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran prakaryadan kewirausahaan, serta peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reserch & Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2020-juli 2021 di Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB), Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Uji Kelayakan video pembelajaran dilakukan dengan memberikan angket kepada 1 ahli media, 2 ahli materi, dan 30 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan video dilakukan dengan; a) Define meliputi analisis kurikulum dan materi, analisis peserta didik, serta merumuskan tujuan, b) Design meliputi pra produksi, produksi dan pasca produksi, c) Develop meliputi validasi oleh ahli media dan ahli materi, d) Disseminate dilakukan dengan mengunggah video di Youtube dengan URL https://youtu.be/-BH3ObetQhc. Video Pembelajaran ini berdurasi 17 menit 42 detik dengan ukuran file sebesar 1,11GB. 2) Hasil penilaian kelayakan video pembeajaran pada mata peajaran prakarya dan kewirausahaan oleh ahli materi mendapatkan nilai rerata 97,83% dengan kategori sangat layak, oleh ahli media memperoleh nilai rerata 93,66% dengan kategori sangat layak, dan oleh 30 peserta didik memperoleh nili rerata 91,99% dengan kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran prakarya dan kewirausahaan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Prakarya dan Kewirausahaan, SMA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Teknologi Pendidikan Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Yendha May Good Cha Manggala 16511244008 |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 03:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 03:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70922 |
Actions (login required)
View Item |