Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembinaan Karakter Kewarganegaraan Multikultural di Pondok pesantren Al Muqoddasah Ponorogo.

Kurniawan, Bekti Galih and Marzuki, Marzuki (2019) Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembinaan Karakter Kewarganegaraan Multikultural di Pondok pesantren Al Muqoddasah Ponorogo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi pendidikan kewarganegaraan dalam pembinaan karakter kewarganegaraan multikultural; (2) Nilai-nilai pendidikan kewarganegaraan yang diterapkan dalam pembinaan karakter kewarganegaraan multikultural; (3) Faktor pendukung serta penghambat yang dihadapi pada implementasi pendidikan kewarganegaraan dalam pembinaan karakter kewarganegaraan multikultural di Pondok Pesantren Al Muqoddasah Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif fenomenologis. Penelitian ini dilakukan di Pondok pesantren Al Muqoddasah Ponorogo. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala di pondok pesantren di pondok pesantren Al Muqoddasah Ponorogo, guru PPKn, santri dan pembina pramuka. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles & Huberman dengan tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. Pertama implementasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembinaan karakter kewarganegaraan multikultural dilakukan melalui pembelajaran PPKn dengan model pembelajaran, pendekatan dan keteladanan guru PPKn, melalui budaya pesantren berupa tata tertib di pesantren, kegiatan rutin, keteladanan kiai, dan fasilitas olahraga atau bermain. Ekstrakurikuler pramuka melalui kegiatan rutin, dan keteladanan. Kedua nilai-nilai pembinaan karakter kewarganegaraan multikultural melalui pembelajaran PPKn di kelas yaitu nilai saling menghargai dan nilai terbuka. Nilai dari budaya pesantren adalah nilai cinta, nilai kenyamanan, dan nilai peduli. Nilai dari ekstrakurikuler pramuka adalah nilai persamaan dan nilai kerja sama. Ketiga faktor pendukung yang dihadapi pada implementasi pendidikan kewarganegaraan dalam pembinaan karakter kewarganegaraan multikultural mencakup beberapa faktor yaitu penggunaan bahasa Indonesia, faktor keseharian santri, fasilitas, dan latar belakang atau lingkungan di pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya kurangnya kehadiran guru karena sibuk.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter Kewarganegaraan Multikultural
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Sep 2020 06:58
Last Modified: 23 Sep 2020 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69023

Actions (login required)

View Item View Item