Analisis Kompetensi Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Berdasarkan Standar Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).

Izzah, Dina Merlinda and Rochayati, Umi (2019) Analisis Kompetensi Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Berdasarkan Standar Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kompetensi yang dibutuhkan DU/DI dari lulusan SMK kompetensi keahlian TKJ (2) mengetahui alasan dibutuhkannya suatu kompetensi bagi DU/DI, (3) mengetahui persentase tingkat kesesuaian antara kompetensi yang diajarkan di sekolah dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh DU/DI terhadap lulusan SMK kompetensi keahlian TKJ. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran SMK kompetensi keahlian TKJ. Adapun objek penelitiannya adalah kompetensi lulusan SMK kompetensi keahlian TKJ yang dibutuhkan DU/DI. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket. Angket terdiri dari kompetensi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan moral. Kompetensi pengetahuan mengacu dari KD pada KI-3, kompetensi keterampilan mengacu dari KD pada KI-4, sikap dan moral mengacu dari standar yang harus dimiliki tenaga kerja. Kurikulum yang diimplementasikan pada penelitian ini adalah K-13 sebelum revisi dan K-13 Revisi 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi yang dibutuhkan dari lulusan SMK kompetensi keahlian TKJ terdapat pada KD mata pelajaran serta standar sikap dan moral tenaga kerja. Terdapat kompetensi yang dibutuhkan DU/DI namun belum terdapat pada K-13 sebelum revisi dan K-13 Revisi 2017. Kompetensi tersebut yakni pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan yakni penerapan video, streaming, chat, aplikasi, game, web, email, dan SSH pada jaringan. Pada mata pelajaran Sistem Operasi Jaringan yakni pengenalan tentang linux. Pada mata pelajaran Pemrograman Dasar yakni pemrograman berorientasi objek; (2) alasan pentingnya suatu kompetensi dasar bagi DU/DI yakni karena teknologi yang diajarkan di sekolah sesuai dengan yang diterapkan di DU/DI, kompetensi dasar tersebut masih dibutuhkan oleh DU/DI, dan mendukung perkembangan IT; dan (3) terdapat kesesuaian antara kompetensi yang diajarkan di sekolah dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh DU/DI terhadap lulusan SMK kompetensi keahlian TKJ.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kebutuhan DU/DI, kompetensi, lulusan SMK, teknik komputer dan jaringan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:51
Last Modified: 03 Mar 2020 04:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67766

Actions (login required)

View Item View Item