Blended Learning Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar.

Perwitasari, Devianty Intan and Soenarto, Soenarto (2019) Blended Learning Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pelaksanaan blended learning berbasis masalah pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar, (2) pengaruh blended learning berbasis masalah terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar, dan (3) pengaruh blended learning berbasis masalah terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi experimental design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Kasreman, Ngawi, sebanyak 53 siswa. Sampel penelitian ini adalah 27 siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dengan blended learning berbasis masalah dan 26 siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes dan non tes, dan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) blended learning berbasis masalah pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar terlaksana dengan kategori baik, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan blended learning berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan blended learning berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: blended learning, hasil belajar, kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:15
Last Modified: 21 Feb 2020 04:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67637

Actions (login required)

View Item View Item