Saputri, Octaviani Rima (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN MATERI GAMBAR VEKTOR KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab I.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMK Negeri 1 Godean, masalah yang ditemukan diantaranya kurangnya sumber belajar berupa buku cetak maupun buku panduan untuk siswa dan belum tersedianya media elektronik sebagai bahan ajar pada materi gambar vektor. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul elektronik atau e-modul gambar vektor pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean, (2) mengetahui tingkat kelayakan e-modul gambar vektor pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Four-D. Model pengembangan Four-D terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket dengan subyek penelitian siswa kelas XI Multimedia 1 di SMK Negeri 1 Godean berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-modul meliputi lembar penilaian oleh ahli materi, lembar penilaian kelayakan oleh ahli media, dan lembar penilaian berupa angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa e-modul pada mata pelajaran desain grafis percetakan materi gambar vektor untuk kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Godean, (2) e-modul layak digunakan setelah dilakukan pengujian kepada ahli materi dengan hasil persentase sebesar 92,85% yang diaktegorikan sangat layak, pengujian kepada ahli media mendapat persentase sebesar 83,75% yang dikategorikan sangat layak, serta uji coba kepada responden (siswa) mendapat hasil persentase sebesar 85,17% yang dikategorikan sangat layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan e-modul gambar vektor dikatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, e-modul, Four-D, desain grafis percetakan |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 05:49 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 05:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67231 |
Actions (login required)
View Item |