EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL PRAKARYA (KOMPETENSI PENGOLAHAN) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 WATES

Dewi, Anita Ayu Adriani (2019) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL PRAKARYA (KOMPETENSI PENGOLAHAN) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB III.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB IV.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pembelajaran muatan lokal prakarya kompetensi pengolahan di SMA Negeri 1 Wates yang difokuskan pada: 1) context meliputi kesesuian materi pembelajaran dengan Kurikulum 2013 Prakarya SMA. 2) input meliputi latar belakang guru pengampu, minta siswa terhadap mata pelajaran muatan lokal prakarya kompetensi pengolahan dan sarana prasarana pendukung pembelajaran muatan lokal prakarya kompetensi pengolahan. 3) process meliputi proses pelaksanaan pembelajaran muatan lokal prakarya kompetensi pengolahan. 4) product meliputi pencapain hasil belajar yang dilihat dari nilai akhir semseter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai bulan Februari 2018 yang bertempat di SMA Negeri 1 Wates. Subyek penelitian terdiri dari guru dan siswa. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran muatan lokal prakarya kompetensi pengolahan di SMA Negeri 1 Wates dari segi context:materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum 2013 dengan standar kompetensi pengawetan bahan nabati dan hewani, input: latar belakang pendidikan guru pengampu belum sesuai dengan mata pelajaran muatan lokal prakarya kompetensi pengolahan. 4 guru berlatar belakang pendidikan S1 Pendidikan Biologi dan 1 guru berlatar belakang S1 Pendidikan Akuntansi, minat siswa terhadap mata pelajaran muatan lokal prakarya kompetensi pengolahan termasuk dalam kategori baik dengan persentase 71%, sarana dan prasarana pembelajaran teori sudah sesuai dengan Permendiknas no 24 Tahun 2007, namun sarana dan prasarana pembelajaran praktik belum sesuai dengan Permendiknas no 40 Tahun 2008. Process: proses kegiatan pembelajaran mata pelajaran muatan lokal prakarya kompetensi pengolahan termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata nilai 83,71. Product: hasil nilai akhir semester siswa dipaparkan dalam 2 nilai yaitu: nilai pengetahuan termasuk dalam kategori baik dengan persentase 35,4% dan nilai tertinggi sebesar 89, dan nilai keterampilan termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 48,6% dan nilai tertinggi 89. Semua siswa dapat dikatakan tuntas sesuai dengan KKM yang telah ditentukan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, diberikan saran kepada pihak sekolah untuk membekali keterampilan pengolahan kepada guru pengampu mata pelajaran muatan lokal prakarya kompetensi pengolahan dan menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk menunjang kegiatan praktik mata pelajaran muatan lokal prakarya kompetensi pengolahan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Muatan Lokal Prakarya Kompetensi Pengolahan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:14
Last Modified: 02 Jan 2020 06:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67047

Actions (login required)

View Item View Item