Pengembangan Media Diorama Lingkungan Rumah Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spasial Siswa Kelas V SD N Golo Yogyakarta.

Nugroho, Setyo and Ghufron, Anik (2019) Pengembangan Media Diorama Lingkungan Rumah Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spasial Siswa Kelas V SD N Golo Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media diorama lingkungan rumah yang layak; (2) mengetahui keefektifan media diorama lingkungan rumah untuk meningkatkan kecerdasan spasial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan diperluas, (7) revisi produk, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Golo. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, tes, observasi, dan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, respon guru dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian berupa media diorama lingkungan rumah yang layak digunakan berdasarkan validasi ahli dan hasil uji coba di sekolah. Hasil validasioleh ahli media mendapat kategori “sangat baik” dengan skor 36, respon guru mendapatkan kategori “sangat baik” dengan skor 41 dan respon siswa mendapat kategori “sangat baik” dengan skor 31,3. Media diorama lingkungan rumah yang dikembangkan efektif dalam peningkatan kecerdasan spasial siswa. Hasil uji coba lapangan operasional menunjukkan taraf signifikansi 0,02<0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan media diorama lingkungan rumah dengan siswa yang tidak menggunakan media diorama lingkungan rumah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media diorama, kecerdasan spasial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Nov 2019 01:59
Last Modified: 15 Nov 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66684

Actions (login required)

View Item View Item