Pengaruh Penggunaan Bahasa Mandar sebagai Bahasa Pengantar dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika yang Disajikan dalam Bentuk Soal Cerita Siswa Kelas III SD.

Khatimah, Husnul and Jailani, Jailani (2019) Pengaruh Penggunaan Bahasa Mandar sebagai Bahasa Pengantar dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika yang Disajikan dalam Bentuk Soal Cerita Siswa Kelas III SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh penggunaan bahasa pengantar (Bahasa Mandar) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD; (2) pengaruh penggunaan bahasa pengantar (Bahasa Mandar) terhadap kemampuan interpretasi hasil hitung siswa kelas III SD; dan (3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan bahasa pengantar (Bahasa Mandar) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yang disajikan dalam bentuk soal cerita pada aspek kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan interpretasi hasil hitung siswa di kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen (bahasa pengantar Mandar) dan satu kelompok kontrol (bahasa pengantar Indonesia). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 001 Campalagian dan III SDN 036 INP. Bonde. Sampel penelitian ini adalah kelas III SDN 001 Campalagian (kelas eksperimen) dan kelas IIIb SDN 036 INP. Bonde (kelas kontrol). Intrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa test uraian obyektif untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan interpretasi hasil hitung siswa. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Box’s M. Data dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan T2 Hotelling dan Independent sample t-test. Hasil ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pada pembelajaran dengan penggunaan bahasa pengantar (bahasa Mandar) terhadap kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan interpretasi hasil hitung siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SD; (2) terdapat pengaruh positif penggunaan bahasa pengantar (bahasa Indonesia) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SD; dan (3) terdapat pengaruh positif penggunaan bahasa pengantar (bahasa Mandar) terhadap kemampuan interpretasi hasil hitung siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahasa pengantar, bahasa daerah, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:48
Last Modified: 13 Nov 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66656

Actions (login required)

View Item View Item