Kusumowati, Hastin and Haryanto, Haryanto (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Two Stay Two Stray terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus WR Supratman, Bayan, Purworejo. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Two Stay-Two Stray (TS- TS) terhadap motivasi dan hasil belajar ranah kognitif matematika siswa kelas IV SD Gugus WR Supratman, Bayan, Purworejo, (2) membandingkan mana yang lebih berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar ranah kognitif matematika siswa kelas IV SD Gugus WR Supratman, pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing atau Two Stay-Two Stray (TS-TS). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus WR Supratman, Bayan, Purworejo. Sampel penelitian ini dengan mengundi nama sekolahan, hasil pengundian diperoleh SD N Tangkisan sebagai kelas Snowball Throwing dan SD N Bandungrejo sebagai kelas TS-TS. Pengumpulan data dengan angket untuk mengukur motivasi siswa, dan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan Multivariate Test dan Independent Sample T- Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan TS-TS berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa, 2) terdapat kesamaan motivasi belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan TS-TS, 3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan TS-TS.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, motivasi, Snowball Throwing, Two Stay-Two Stray |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 07:40 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 07:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66654 |
Actions (login required)
View Item |