Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Two Stay Two Stray terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus WR Supratman, Bayan, Purworejo.

Kusumowati, Hastin and Haryanto, Haryanto (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Two Stay Two Stray terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus WR Supratman, Bayan, Purworejo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Two Stay-Two Stray (TS- TS) terhadap motivasi dan hasil belajar ranah kognitif matematika siswa kelas IV SD Gugus WR Supratman, Bayan, Purworejo, (2) membandingkan mana yang lebih berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar ranah kognitif matematika siswa kelas IV SD Gugus WR Supratman, pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing atau Two Stay-Two Stray (TS-TS). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus WR Supratman, Bayan, Purworejo. Sampel penelitian ini dengan mengundi nama sekolahan, hasil pengundian diperoleh SD N Tangkisan sebagai kelas Snowball Throwing dan SD N Bandungrejo sebagai kelas TS-TS. Pengumpulan data dengan angket untuk mengukur motivasi siswa, dan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan Multivariate Test dan Independent Sample T- Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan TS-TS berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa, 2) terdapat kesamaan motivasi belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan TS-TS, 3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan TS-TS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, motivasi, Snowball Throwing, Two Stay-Two Stray
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:40
Last Modified: 13 Nov 2019 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66654

Actions (login required)

View Item View Item