Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Nurvanang, Anggi and Haryanto, Haryanto (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif tentang teknik dasar sepakbola yang layak untuk mendukung proses pembelajaran PJOK; (2) mengetahui hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Minggir dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif tentang teknik dasar sepakbola. Penelitian pengembangan multimedia pembelajaran ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Brog & Gall (1983). Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, tahap perencanaan, dan tahap pengembangan. Uji validasi ahli dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Uji coba produk dilakukan melalui uji kelompok kecil, uji kelompok besar, tes, dan uji coba instrumen untuk siswa. Penelitian dilakukan terhadap 24 siswa kelas X. Instrumen yang digunakan adalah angket dan test. Data angket dianalisis dengan mencari nilai rata-rata untuk mengetahui kriteria kelayakan produk, sedangkan data tes dianalisis menggunakan perhitungan rata-rata untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran tentang teknik dasar sepakbola untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Minggir yang dinilai sangat layak oleh para ahli, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar siswa. Hasil penilaian ahli materi menggunakan skala 5 didapat rerata sebesar 4,08 dan dikategorikan “Sangat Layak” sedangkan dari ahli media didapatkan rerata 3,58 dan dikategorikan “Layak”. Hasil respon siswa peserta didik (kelompok kecil) mendapatkan rerata 3,47 dan dikategorikan “Layak”, hasil respon siswa peserta didik (kelompok besar) mendapat rerata 4,1 dikategorikan “Sangat Layak”. Uji pre-test mendapatkan rerata 57,66% dikategorikan “Kurang Baik” dan uji post-test mendapatkan rerata 81,83% dikategorikan “Sangat Baik”. Sehingga hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran teknik dasar sepakbola adalah mengalami peningkatan. Kata Kunci: multimedia pembelajaran, teknik dasar sepakbola.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:39
Last Modified: 07 Nov 2019 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66561

Actions (login required)

View Item View Item