Pambudi, Agdian Eka (2019) PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP MINAT BELAJAR, KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab I.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan gawai, minat belajar, karakter dan hasil belajar; (2) pengaruh penggunaan gawai terhadap minat belajar siswa kelas X Pogram Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMKN 2 Yogyakarta; (3) pengaruh penggunaan gawai terhadap karakter siswa kelas X Pogram Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMKN 2 Yogyakarta; (4) pengaruh penggunaan gawai terhadap minat belajar siswa kelas X Pogram Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMKN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitan ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMKN 2 Yogyakarta sebanyak 112 siswa dengan menggunakan teknik sampel kuota sehingga jumlah sampel sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil kecenderungan variabel penggunaan gawai masuk pada kategori tinggi (nilai rerata 41,64 ), variabel minat belajar masuk pada kategori tinggi (nilai rerata 39,92), variabel karakter masuk pada kategori tinggi (nilai rerata 48,90); (2) pengaruh penggunaan gawai terhadap minat belajar adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,410 serta nilai sig 0,001 < 0,05; (3) pengaruh penggunaan gawai terhadap karakter adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,421 serta nialai sig 0,001 < 0,05; (4) pengaruh penggunaan gawai terhadap hasil belajar adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,340 serta nialai sig 0,007 < 0,05.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan gawai, minat belajar, karakter dan hasil belajar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 02:16 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 02:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66463 |
Actions (login required)
View Item |