PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HARDWARE LAPTOP BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 5 UNTUK SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Muttaqien, Annas Andi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HARDWARE LAPTOP BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 5 UNTUK SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN LENGKAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran hardware laptop berbasis multimedia interaktif untuk membantu pembelajaran bagi siswa dan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran hardware laptop berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS 5 bagi siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Media pembelajaran hardware laptop telah dikembangkan menggunakan metode Research and Development yang menggunakan 9 tahapan meliputi mengumpulkan potensi dan masalah, pengumpulan data, perancangan desain, implementasi, pengujian awal, validasi ahli, revisi sistem, uji coba sistem, dan produk akhir. Aplikasi yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran hardware laptop adalah Adobe Flash CS5. Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas X MM Multimedia 1 SMK Muhammadiah 2 Klaten Utara sebagai responden. Kelayakan dari media pembelajaran hardware laptop yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli media, ahli materi, serta para siswa. Data yang diperoleh akan disesuaikan nilainya berdasarkan skala likert, lalu data kuantitatif dikonversi ke data kualitatif agar dapat diketahui tingkat kelayakan media pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran hardware laptop berbasis multimedia yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran perakitan komputer berdasarkan pada penilaian materi, media, dan validasi siswa. Hasil perhitungan persentase kelayakan untuk ahli media sebesar 75,125% yang termasuk dalam kategori layak. Perhitungan persentase kelayakan untuk ahli materi adalah sebesar 70,83% yang termasuk dalam kategori layak. Hasil perhitungan persentase kelayakan pengguna pada validasi siswa adalah sebesar 80,91% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dari hasil pengujian dan perhitungan persentase di atas, media pembelajaran hardware laptop yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Hardware Laptop, kelayakan, Adobe Flash CS 5
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:03
Last Modified: 15 Oct 2019 06:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66153

Actions (login required)

View Item View Item