Efektivitas Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat pada Materi Kebencanaan Gempa dan Tsunami untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Sikap Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Tunarungu Kelas XII di SMALB

Edyyul, Ilham Akerda and Haryanto, Haryanto (2019) Efektivitas Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat pada Materi Kebencanaan Gempa dan Tsunami untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Sikap Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Tunarungu Kelas XII di SMALB. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat untuk meningkatkan (1) pemahaman konsep, (2) sikap belajar dan (3) aktivitas belajar siswa pada materi kebencanaan gempa dan Tsunami. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eskperimental: the pretest-posttest non equivalent groups design. Penelitian dilakukan di SLB Luki Padang dan SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang dengan objek penelitian siswa tunarungu kelas XII yang berjumlah lima orang siswa. Instrumen yang digunakan yaitu pilihan ganda digunakan untuk mengukur pemahaman konsep, angket untuk mengukur sikap belajar siswa dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu gain score (peningkatan nilai), data dianalisis menggunakan uji statistik nonparametrik dengan tes Tanda. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, sikap belajar, dan aktivitas belajar siswa tunarungu dalam pembelajaran kebencanaan, hal ini dibuktikan melalui hasil uji statistik yaitu nilai p = 0,031 kurang dari 0,05 rata-rata gain score pemahaman konsep sebesar 0,70 kategori tinggi, gain score sikap belajar sebesar 0,57 kategori sedang dan nilai posttest aktivitas belajar sebesar 92,53% tergolong baik, Pelaksanaan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dilakukan melalui lima langkah pembelajaran yaitu: (1) pendahuluan pada tahap ini dikemukakan isu-isu atau masalah yang ada di masyarakat; (2) pembentukan konsep pada tahap pembentukan konsep siswa diharapkan mengalami perubahan konsep menuju arah yang benar sampai pada akhirnya dimiliki konsep yang benar; (3) aplikasi konsep siswa tunarungu dapat menggunakan teknologi dengan benar dalam mempelajari isu-isu kebencanaan; (4) pemantapan konsep tahap ini pelurusan terhadap konsepsi siswa yang keliru, dan (5) evaluasi kegiatan penilaian yang dilakukan untuk mengetahui ketercapaian tujuan belajar dan hasil belajar yang telah diperoleh siswa. Kelima langkah pembelajaran berpengaruhi terhadap pemahan konsep, sikap belajar dan aktivitas belajar siswa tunarungu jenjang SMALB dalam pembelajaran kebencanaan. Kata kunci: aktivitas belajar, siswa tunarungu, pemahaman konsep, pendekatan sains teknologi masyarakat, sikap belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:45
Last Modified: 14 Oct 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66125

Actions (login required)

View Item View Item