Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah.

Banani, Ulil Azmi and Aman, Aman (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran .pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural yang layak untuk meningkatkan sikap sosial dan prestasi belajar siswa kelas IV madrasah ibtidaiyah, dan (2) mengetahui efektivtas modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) mengembangkan draf produk awal; (4) uji coba awal; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan; (8) uji coba operasional; (9) revisi produk akhir; dan (10) desiminasi. Hasil penelitian ini yaitu: (1) berupa seperangkat modul yang layak. Kelayakan dapat dilihat dari penilaian aspek materi mendapat skor 102 atau 82,25% dengan kategori “baik”. Aspek media mendapat skor 101 atau 97,11% dengan kategori “sangat baik”. (2) berupa seperangkat modul yang efektif untuk meningkatkan sikap sosial dan prestasi belajar. Keefektifan dapat dilihat dari hasil angket sikap sosial dan tes prestasi belajar. Terdapat perbedaan hasil akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan modul yang dikembangkan dalam sikap sosial dan prestasi belajar dengan p 0,05. Sikap sosial pada perbandingan 1 (kelas kontrol dan kelas eksperimen 1) menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000, sedangkan pada perbandingan 2 (kelas kontrol dan kelas eksperimen 2) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Prestasi belajar pada perbandingan 1 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, sedangkan pada perbandingan 2 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada skap sosial dan prestasi belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Skor sikap sosial pada kelas ekpserimen 1 mengalami kenaikan yaitu dari dari 41,64 menjadi 53,32 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan pada kelas eksperimen 2 skor mengalami kenaikan dari 41,82 menjadi 53,64 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Skor prestasi belajar kelas eksperimen 1 mengalami kenaikan yaitu dari 72,71 menjadi 88,86 dengan nilai signifikasni sebesar 0,000 dan pada kelas eksoerimen 2 skor mengalami kenaikan yaitu dari 72,86 menjadi 90,14 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Artinya ada peningkatan sikap sosial dan prestasi belajar yang signifikan pada kelas ekperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen dikatakan efektif. Kata Kunci: Modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural , sikap sosial, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:14
Last Modified: 20 Sep 2019 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65947

Actions (login required)

View Item View Item