Efektivitas Penerapan Metode Guided Demonstration Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD Gugus Sumbing Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali.

Atmaja, Ferry Zuhdi and Sugiman, Sugiman (2019) Efektivitas Penerapan Metode Guided Demonstration Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD Gugus Sumbing Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan keaktifan belajar siswa menggunakan metode Guided Demonstration dibandingkan menggunakan metode konvensional di kelas IV SD Gugus Sumbing Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali, (2) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika siswa menggunakan metode Guided Demonstration dibandingkan menggunakan metode konvensional di kelas IV SD Gugus Sumbing Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali, (3) keefektifan metode Guided Demonstration terhadap keaktifan dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Gugus Sumbing Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali, (4) keefektifan metode Guided Demonstration terhadap prestasi belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Gugus Sumbing Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperiment dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas IV SD Negeri 2 Keposong sebagai kelas eksperimen menggunakan metode Guided Demonstration, kelas IV SD Negeri 1 Karanganyar sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Validitas ditentukan atas pertimbangan dosen pembimbing dan validator. Pengujian Reliabilitas menggunakan Split Half Method. Analisis data menggunakan analisis statistik independent sample t-test terhadap gain score dengan bantuan program SPSS 19 for windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keaktifan dan prestasi belajar dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Guided Demonstration dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional di kelas IV SD Gugus Sumbing Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t pada keaktifan belajar, nilai hitung t = 2,070 dengan taraf signifikansi 0,044 < 0,05 dan hasil uji-t pada prestasi belajar, nilai hitung t = 2,617 dengan taraf signifikansi 0,012 < 0,05. Selanjutnya besar ukuran efek metode Guided Demonstration terhadap keaktifan belajar sebesar 0,51 (0,2 < d < 0,8)/efek sedang. Besar ukuran metode Guided Demonstration terhadap prestasi belajar sebesar 0,62 (0,2<d< 0,8)/efek baik. Hal ini berarti metode Guided Demonstration efektif terhadap keaktifan dan prestasi belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Gugus Sumbing Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Kata Kunci: Metode Guided Demonstration, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2019 03:15
Last Modified: 02 Nov 2021 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65667

Actions (login required)

View Item View Item