Pengembangan Multimedia Bermuatan LKS untuk Meningkatkan Pemahaman Pengurangan Risiko Bencanadan Sikap Peduli Lingkungan pada Sekolah Dasar Siaga Bencana.

Sejati, Prajana Marwan and Budiningsih, Asri (2019) Pengembangan Multimedia Bermuatan LKS untuk Meningkatkan Pemahaman Pengurangan Risiko Bencanadan Sikap Peduli Lingkungan pada Sekolah Dasar Siaga Bencana. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan multimedia bermuatan LKS yang layak untuk meningkatkan pemahaman pengurangan risiko bencana dan sikap peduli lingkungan, dan (2) mengetahui tingkat efektivitasnya di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian meliputi tiga prosedur, yakni Prosedur Pengembangan Sistem Pembelajaran (Dick & Carey, 2015), Pengembangan Multimedia Pembelajaran (Stephen M.Alessi, 2001), & Pengembangan Penelitian (Gall et al., 1983) yang meliputi tahapan studi pendahuluan, perencanaan, serta pengembangan & uji coba. Pada tahap pengembangan, telah dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi, melibatkan 7 siswa di awal uji coba lapangan, 49 siswa untuk uji lapangan sesungguhnya, dan 66 siswa untuk uji operasional yang terbagi dalam kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data diperoleh melalui angket kebutuhan, wawancara, lembar validasi penilaian produk, skala respon guru, angket respon siswa, angket sikap, dan tes pemahaman pengurangan risiko bencana. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penilaian ahli media menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan “layak” untuk digunakan dengan kategori “baik” dan “sangat baik” berdasarkan penilaian ahli materi. Siswa memberikan respon “sangat baik” dan gurumerespon “baik” pada tahap awal uji lapangan dan uji lapangan sesungguhnya, sedangkan pada uji operasional respon siswa dan guru diperoleh kategori “sangat baik”. Hasil Uji MANOVA menunjukkan terdapat perbedaan rerata peningkatan pemahaman pengurangan risiko dan sikap peduli lingkungan siswa Kelas IV antara yang melaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia dan tidak menggunakan multimedia dengan nilai sig (p) < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan efektif untuk meningkatkan pemahaman pengurangan risiko bencana dan sikap peduli lingkungan siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, LKS, pengurangan risiko bencana, sikap peduli lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2019 08:13
Last Modified: 23 Sep 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65398

Actions (login required)

View Item View Item