Pengembangan Majalah Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai-nilai Karakter sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Karakter Jujur dan Disiplin Siswa Kelas III SDN 3 Selong Lombok Timur

Sufiani, Maulida (2019) Pengembangan Majalah Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai-nilai Karakter sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Karakter Jujur dan Disiplin Siswa Kelas III SDN 3 Selong Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
MAULIDA SUFIANI-14712251017-Dikdas_compressed.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan majalah pembelajaran tematik berbasis nilai-nilai karakter yang layak sebagai sumber belajar untuk meningkatkan karakter jujur dan disiplin pada siswa kelas III SD dan mengetahui efektivitas majalah pembelajaran tematik berbasis nilai-nilai karakter sebagai sumber belajar untuk meningkatkan karakter jujur dan disiplin pada siswa kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi prosedur pengembangan Borg & Gall yang terdidri dari 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahulan (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi hasil uji coba lapangan utama, (8) uji coba operasional, dan (9) revisi produk akhir (10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Selong, Lombok Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan panduan wawancara, lembar observasi, angket kelayakan, angket respon guru dan siswa, dan pedoman observasi karakter jujur dan disiplin. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, dan kemudian dinilai oleh guru kelas dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test dan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Majalah pembelajaran tematik yang dihasilkan layak digunakan pada proses pembelajaran. Menurut ahli materi dan ahli media, majalah tersebut masuk kategori sangat layak dengan skor total 116 dan 166 secara berturut-turut. Respon guru dan siswa menunjukkan bahwa majalah tersebut masuk kategori sangat baik sengan skor 71 dan 1799 secara berturut-turut. (2) Uji efektivitas menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test pada karakter jujur dan karakter disiplin siswa dengan hasil nilai p < 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan untuk karakter jujur dan disiplin siswa antara kelas yang menggunakan majalah pembelajaran tematik berbasis nilainilai karakter sebagai pendamping buku teks dengan kelas yang hanya menggunakan buku teks dalam pembelajaran karakter di kelas. Kata kunci: disiplin, jujur, karakter, majalah, pembelajaran, tematik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Aug 2019 07:53
Last Modified: 19 Aug 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65307

Actions (login required)

View Item View Item