Keefektifan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD SeNgadirojo Kidul

Utomo, Arief Cahyo (2019) Keefektifan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD SeNgadirojo Kidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Arief Cahyo Utomo-15712251067-Dikdas.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektivitas antara PBL dan DRTA terhadap berpikir kritis dan membaca pemahaman di sekolah dasar. Penelitian ini adalah sebuah penelitian eksperimen kuasi. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes. Data yang dikumpulkan adalah data keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan berpikir kritis. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan MANOVA dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam efektivitas antara PBL dan DRTA dalam belajar dengan nilai F sebesar 3,712 dan signifikansi sebesar 0,007. Perbedaan keefektifan pembelajaran DRTA dan PBL ditinjau dari keterampilan membaca pemahaman dengan nilai signifikansi 0,033 dengan nilai uji-t sebesar 2,214 dengan selisih rata-rata sebesar 0,55. Terdapat perbedaan pembelajaran DRTA dan PBL ditinjau dari keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 dan nilai uji-t sebesar 2,237 dengan selisih ratarata sebesar 0,253. Kata kunci: PBL; DRTA; Berpikir Kritis; Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:22
Last Modified: 15 Aug 2019 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65273

Actions (login required)

View Item View Item