Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Kartini Warureja Tegal.

Kurniawan, Wahyu Jati and Prasetyo, Zuhdan Kun (2019) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Kartini Warureja Tegal. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar terhadap; (1) penguasaan konsep, dan (2) berpikir kreatif pada pembelajaran tematik integrative siswa kelas IV. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi Penelitian mencakup seluruh siwa kelas IV SD Negeri Se-gugus Kartini Warureja Tegal. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas IV Warureja 02 diberi perlakuan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, sedangkan siswa SD Negeri Warureja 01 diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional yaitu berpusat pada guru dan buku ajar. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes penguasaan konsep dan berpikir kreatif. Uji normalitas dilakukan dengan metode Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas data menggunakan Box’M test. Data dianalisis dengan pengujian hipotesis diawali dengan uji beda rata-rata univariat menggunakan independent sample t-test dan uji MANOVA dengan rumus T2 Hotteling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap penguasaan konsep dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05; (2) pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap berpikir kreatif dengan nilai signifikansi 0,037 < 0,05; (3) pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan berpikir kreatif secara bersama-sama dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, pada pembelajaran tematik siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sumber belajar, lingkungan sekitar, penguasaan konsep dan berpikir kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:50
Last Modified: 20 Sep 2019 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65226

Actions (login required)

View Item View Item