Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Sinematografi Menggunakan Steller Di Mata Kuliah Grafika Komputer Dan Animasi Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta

Wiratama, Yahya Zulfikar (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Sinematografi Menggunakan Steller Di Mata Kuliah Grafika Komputer Dan Animasi Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang berbasis aplikasi atau media sosial yang dapat digunakan untuk memberikan interaksi di luar kelas serta mengetahui kelayakan media pembelajaran yang berisi panduan tentang teknik sinematografi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model Sugiyono. Tahap-tahap penelitian pengembangan yang dilakukan antara lain, Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain, Uji coba produk, Revisi produk, Uji coba pemakaian, Revisi produk, dan Produksi Masal. Modul pembelajaran divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media selanjutnya diujicobakan pada tujuh mahasiswa mata kuliah Grafika Komputer dan Animasi Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan lembar angket/kuesioner skala Likert model empat pilihan. Kelayakan modul pembelajaran dapat diketahui dari hasil data penilaian dalam empat kategori, yaitu sangat layak/sangat baik, layak/baik, cukup layak/cukup baik dan tidak layak/tidak baik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan data penelitian pengembangan ini diperoleh bahwa produk berupa media pembelajaran teknik sinematografi menggunakan Steller di mata kuliah Grafika Komputer dan Animasi Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta mendapatkan hasil analisis yang menunjukkan bahwa modul pembelajaran dapat dikatakan baik dan berkualitas, serta secara keseluruhan layak/ baik digunakan sebagai media pembelajaran. Evaluasi ahli materi memperoleh hasil rerata sejumlah 3,10 atau “layak”, evaluasi ahli media memperoleh hasil rerata 3,13 atau “layak”, uji coba produk memperoleh hasil rerata sejumlah 3,29 atau “sangat layak”, serta keseluruhan dari evaluasi oleh ahli materi, ahli media, serta uji produk memperoleh hasil dengan kategori “layak/baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: grafika komputer dan animasi, media pembelajaran, sinematografi, steller
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Aug 2019 01:26
Last Modified: 06 Aug 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65077

Actions (login required)

View Item View Item