Nugroho, Dedi Prasetyo (2019) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem-Based Leraning (PBL) terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Segugus Mangkuyudo, Kecamatan Poncowamo. S2 thesis, UNY.
Text
Dedi Prasetyo Nugroho-15712251063-Dikdas.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan pembelajaran kontekstual (CTL) dan Problem-Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Segugus Mangkuyudho, Kecamatan Poncowamo. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan sampel penelitian sebanyak tiga kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah tes motivasi dengan 15 butir soal, tes hasil belajar dengan 5 butir soal dalam bentuk uraian. Analisis menggunakan Uji-t dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh pembelajaran dengan CTL terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pengujian nilai post test kelas CTL terhadap kelas kontrol dengan sig.= 0,026 lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho(HO) ditolak dan hipotesis altematif (Ha) diterima, bahwa terdapat perbedaan rata-rata kedua kelas. (2) Tidak terdapat pengaruh signifikan pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pengujian nilai post test kelas PBL terhadap kelas kontrol dengan sig.= 0, 105 lebih besar dari 0,05, sehingga HO diterima dan Ha ditolak sehingga tidak terdapat perbedaan signifikan rata-rata pada kedua kelas. (3) Terdapat perbedaan antara pembelajaran CTL dan PBL pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada pengujian nilai post test kelas CTL terhadap kelas PBL dengan sig.= 0,474 lebih besar dari 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata pada kedua kelas. (4) Terdapat perbedaan pembelajaran kelas eksperimen (CTL dan PBL) terhadap kelas kontrol pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada pengujian nilai post test kelas eksperimen terhadap kelas kontrol diperoleh dengan sig.= 0,023 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, bahwa terdapat perbedaan rata-rata pada kedua kelas. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran kontekstual (CTL) terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian dengan sig=0,001 lebih kecil dari 0,05. Ini berarti Ho ditolak, bahwa terdapat perbedaan rata-rata kedua kelas. (6) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran PEL terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada pengujian sig.= 0,020 lebih kecil dari 0,05. lni berarti Hoditolak, bahwa terdapat perbedaan ratarata kedua kelas. Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan pembelajaran CTL dan PBL dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran matematika. Kata Kunci : Belajar, CTL, Hasil, Matematika, Motivasi, PBL
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 08:26 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 08:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64682 |
Actions (login required)
View Item |