Pengembangan Modul Sastra Anak Berbasis Karakter Cinta Tanah Air untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV MIN Boyolali

Alfikri, Hajarudin (2018) Pengembangan Modul Sastra Anak Berbasis Karakter Cinta Tanah Air untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV MIN Boyolali. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Hajarudin Alfikri.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)menghasilkan modul sastra anak berbasis karakter cinta tanah air untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIN Boyolali, dan (2) mengukur keefektifan modul tersebut dalam pembelajaran di kelas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIN Boyolali. Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi prosedur pengembangan yang disampaikan oleh Borg and Gall (1983) yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi hasil uji coba lapangan utama, (8) uji coba lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV MIN Boyolali. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi, validasi produk, angket respon guru dan siswa, dan unjuk kerja soal pre-test dan post-test. Keefektifan produk diuji melalui quasi experiment. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini berupa (1) modul pembelajaran sastra anak berbasis karakter cinta tanah air dengan cerita anak sebagai fokus sastranya. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan tersebut mendapatkan kategori ―layak‖ dari ahli materi dan bahasa; dan ahli media dengan kategori ―sangat layak‖. Respon guru dan respon siswa terhadap penggunaan modul pembelajaran berkategori ―sangat baik‖. (2) Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa modul tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini didasarkan pada hasil uji coba lapangan operasional yang menunjukkan bahwa nilai p (0.000) kurang dari taraf signifikansi 0.05 (p≤0.05), artinya ada perbedaan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan modul dengan siswa yang menggunakan buku pegangan dalam pembelajaran . Kata Kunci: modul, cerita anak, karakter cinta tanah air, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 12 Dec 2018 00:31
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61877

Actions (login required)

View Item View Item