Pengembangan Media Maket Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas III SD

Sasami, Rindang Hayom (2018) Pengembangan Media Maket Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas III SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Rindang hayom_16712251068.swf

Download (17MB)

Abstract

ii Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media maket yang layak dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep, (2) mengetahui perbedaan pada kemampuan berpikir kritis antara kelompok siswa yang menggunakan media maket dan media gambar, (3) mengetahui perbedaan pada pemahaman konsep antara kelompok siswa yang menggunakan media maket dan media gambar, (4) mengetahui keefektifan media maket untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983) yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan desain produk, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk II, uji coba operasional, revisi produk akhir, diseminasi dan implementasi. Subjek uji coba lapangan awal adalah delapan siswa SD N Ngento. Subjek uji coba lapangan utama adalah 16 siswa SD N Sendang dan 22 siswa SD N 2 Karangsari. Subjek uji lapangan operasional adalah 21 siswa SD N Kedungtangkil dan 21 siswa SD N 1 Karangsari. Instrumen yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan, lembar validasi produk, angket respon siswa dan guru, soal kemampuan berpikir kritis, dan soal pemahaman konsep. Analisis keefektifan media maket menggunakan teknik uji-T (two independent sample test) untuk mengetahui perbedaan dan gain score pada kelas eksperimen untuk mengetahui peningkatan setelah penggunaan media maket. Hasil penelitian ini berupa media maket dengan ukuran 60x50 cm yang berisi materi tentang jenis-jenis pekerjaan di sekitar siswa dinyatakan layak berdasarkan validasi ahli dan hasil uji coba di sekolah. Kelayakan dari aspek media memperoleh skor 88 (kategori layak), aspek materi memperoleh skor 85 (kategori sangat layak). Media maket yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Hal tersebut berdasarkan hasil hasil pengujian menggunakan uji-t diperoleh hasil signifikansi pada kemampuan berpikir kritis yaitu .000 < 0.05. hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis antara kelas kontrol dan eksperimen. Pada pemahaman konsep, diperoleh signifikansi .000 < 0.05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifilkan pada pemahaman konsep antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep diperoleh gain score yaitu 0,5 untuk kemampuan berpikir kritis dan 0,6 untuk pemahaman konsep dengan kategori “sedang”. Kata Kunci: media maket, kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 22 Nov 2018 03:22
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61352

Actions (login required)

View Item View Item