Motivasi dan Emosi Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Awwalunita, Naafi (2018) Motivasi dan Emosi Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Naafi Awwalunita_NIM 16712251056.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan emosi dan motivasi pada pembelajaran matematika peserta didik sekolah dasar peraih skor tinggi pada TIMSS di Yogyakarta. Rumusan masalah yang dirumuskan berhubungan dengan emosi dan motivasi peserta didik yang muncul pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru kelas VI dari masing-masing SD, 18 peserta didik kelas VI yang terdiri dari 6 peserta didik SD Negeri Kentungan, 6 peserta didik SD Negeri Semanu III, dan 6 peserta didik SD Negeri Gunungsaren. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu model analisis data induktif Cresswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi yang muncul pada pembelajaran matematika ialah 1) peserta didik kemampuan tinggi cenderung menunjukkan emosi yang stabil, peserta didik kemampuan sedang menunjukkan emosi yang dinamis, dan peserta didik kemampuan rendah sering menunjukkan takut, malu, dan bosan sepanjang pelajaran matematika. Walaupun demikian, peserta didik kemampuan sedang dan rendah tidak pernah mengalami kecemasan ;2) tingkat motivasi intrinsik pada peserta didik sesuai dengan kemampuannya di pelajaran matematika dan motivasi ekstrinsik muncul pada seluruh peserta didik, namun peserta didik kemampuan rendah memiki motivasi ekstrinsik yang lebih dominan dari guru. Kata Kunci: emosi, motivasi, pembelajaran matematika, peserta didik, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:14
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61004

Actions (login required)

View Item View Item