Pelaksanaan Program Remedi pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo

Hatami, Olivoa Kurnia (2017) Pelaksanaan Program Remedi pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program remedi pada pembelajaran Biologi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini mengungkap fakta di lapangan mengenai pelaksanaan program remedi yang diselenggarakan oleh guru. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif-fenomenologis dengan metode deskriptif yang dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2017. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas X mata pelajaran Biologi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo yang diperoleh menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan mengajukan pertanyaan mengapa dan bagaimana terkait perencanaan, pelaksanaan, serta pemantauan hasil program remedi. Teknik analisis data dengan membuat transkrip hasil wawancara kemudian melakukan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program remedi pada pembelajaran Biologi SMA di Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan dengan menentukan peserta didik yang harus mengikuti program remedi berdasarkan KKM, pertimbangan lain yang digunakan yaitu ketika peserta didik diketahui menyontek. Observasi juga dilaksanakan oleh beberapa guru namun tidak diperhatikan dalam perencanaan program remedi. Program remedi yang dilaksanakan berupa belajar mandiri, pembahasan materi atau indikator yang belum dikuasai, pemberian tugas, dan pemanfaatan tutor sebaya. Pemantauan hasil program remedi dilakukan dengan melaksanakan tes ulang. Nilai akhir peserta didik yang mengikuti program remedi sesuai dengan KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian kualitatif, program remedi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53436

Actions (login required)

View Item View Item