Purwandari, M.Si. (2006) TEKNIK PENGENALAN DIRI UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN PERSONAL ANAK TUNALARAS TIPE SOCIAL WITHDRAWAL DI SEKOLAH LUAR BIASA. [Experiment/Research]
|
Text
Purwandari.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran kecakapan personal anak tunalaras tipe social withdrawal, 2) efektivitas teknik pengenalan diri dalam upayanya mengembangkan kecakapan personal anak tunalaras tipe social withdrawal. Subyek dalam penelitian berjumlah 3 orang anak tunalaras tipe social withdrawal yang bersekolah di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Usia mereka berkisar antara 10 – 13 tahun dan duduk di kelas D3 dan D4. Design penelitian yang digunakan adalah design penelitian tindakan dengan pendekatan kualitatif. Tindakan yang diberikan berupa program pengenalan diri yang terdiri dari 6 sesi. Masing-masing sesi berdurasi 45 menit. Materi programnya meliputi 1) pengenalan diri, diberikan 2 sesi, yakni perkenalan antar subyek dan pemahaman Jendela Johari, 2) penampilan model melalui cerita yang diberikan 6 sesi. Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen untuk mengungkap kecakapan personal dengan menggunakan check-list. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Gambaran kecakapan personal anak tunalaras tipe social withdrawal sangat rendah terutama aspek mengambil keputusan dan rasa tanggung jawab, sedangkan kecakapan personal yang paling dikuasai anak adalah dalam hal kemandirian diri, 2) Teknik pengenalan diri cukup efektif untuk mengembangkan kecakapan personal anak tunalaras tipe social withdrawal. Kata kunci: kecakapan personal, anak tunalaras tipe social withdrawal, teknik pengenalan diri. FIP, 2006 (PEND. LUAR BIASA)
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa LPPM |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Date Deposited: | 15 Aug 2012 01:48 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4236 |
Actions (login required)
View Item |