Pembelajaran Kooperatif Berbasis Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Mata Pelajaran Mulok Bahasa Inggris Siswa Kelas V B SDN 50 Cakranegara NTB

Aziz, Lalu Abdul (2012) Pembelajaran Kooperatif Berbasis Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Mata Pelajaran Mulok Bahasa Inggris Siswa Kelas V B SDN 50 Cakranegara NTB. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lalu-abdul-aziz-10712251024.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan pembelajaran kooperatif berbasis CIRC untuk menigkatkan keterampilan membaca mata pelajaran mulok bahasa Inggris siswa kelas V B SDN 50 Cakranegara NTB. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 15 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dokumentasi, pedoman wawancara, tes hasil belajar. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data tes hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: “Keterampilan membaca siswa dikatakan meningkat jika ketuntasan belajar siswa dalam keterampilan membaca secara klasikal siswa mendapat nilai ≥ 60 mencapai ≥ 85%”. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif berbasis CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca mata pelajaran mulok bahasa Inggris siswa kelas V B SDN 50 Cakranegara NTB. Persentase ketuntasan klasikal siswa terus meningkat dari pretest sebelum dilaksanakannya tindakan kelas sampai dengan posttes yang dilakukan pada akhir siklus I dan II. Pada saat dilakukan pretest jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa dari 34 siswa yang mengikuti tes dengan nilai rata-rata 56.91 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 52.94%. Pada posttes siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas menjadi 23 siswa dari 34 siswa yang mengikuti tes dengan nilai rata-rata 62.21 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 67.65%. Pada posttes siklus II, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 30 siswa dari 34 siswa yang mengikuti tes, dengan nilai rata-rata 66.32 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88.23%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif berbasis CIRC, keterampilan membaca, bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2016 07:14
Last Modified: 29 Jan 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31378

Actions (login required)

View Item View Item